4 Manfaat Kerang Laut untuk Kesehatan


4 Manfaat Kerang Laut Untuk Kesehatan
Photo by Pixabay.com

Kerang laut memiliki berbagai macam manfaat yang sayang sekali kalau dilewatkan. Tertarik ingin mencoba makan kerang laut? Ini dia khasiatnya.

1. Mengatasi Anemia (Kurang Darah)

Kerang laut kaya akan jumlah kandungan zat besi. Zat besi sendiri dibutuhkan untuk membentuk hemoglobin, yaitu protein khusus yang bertugas membawa oksigen dalam darah kita ke seluruh tubuh. Tanpa hemoglobin dalam darah, organ-organ tubuh Kita tidak akan berfungsi dengan baik karena kekurangan oksigen.

Mengkonsumsi kerang laut dapat membantu meningkatkan hemoglobin dalam darah kita. Dengan begitu, Bagi anda yang menderita penyakit anemia atau kekurangan zat besi bisa mendapatkan asupan zat besi yang cukup bagi pembentukan hemoglobin.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

kita bisa mendapatkan asupan asam lemak omega-3 yang tinggi dalam satu porsi kerang laut segar. Asam lemak omega-3 sendiri dapat menurunkan kadar trigliserida yang terlalu tinggi. Kadar trigliserida yang tinggi memiliki resiko menyebabkan berbagai masalah pada fungsi jantung seperti pengerasan pembuluh arteri serta serangan jantung.

Akan tetapi, jangan makan kerang laut secara berlebihan. Karena kerang laut mengandung jumlah kolesterol yang cukup tinggi. Jumlah kolesterol yang terlalu tinggi juga memiliki resiko bagi kesehatan jantung kita dan menimbulkan penyakit.

Baca juga :  9 Penyebab Ubanan Pada Rambut di Usia Muda

3. Pembentukan serta Merawat Otot

Protein merupakan zat gizi yang berperan cukup penting dala pembentukan otot sekaligus merawatnya dari kerusakan yang terjadi pada jaringan atau sel ditubuh kita. Buat Anda yang sering sekali mengalami nyeri otot, protein dari kerang laut juga bisa mempercepat proses pemulihan otot-otot tegang, kaku serta nyeri.

Seperti makanan laut pada umumnya, kerang laut juga kaya akan protein. Kerang bahkan menjadi sumber protein yang lebih sehat dibandingkan dengan daging sapi dan juga daging ayam karena jumlah kandungan lemak dan kalorinya lebih rendah.

4. Merawat Fungsi Sistem Saraf

Untuk dapat menjalankan fungsinya dengan baik, sistem saraf dalam tubuh kita memerlukan sejumlah vitamin B kompleks. Salah satunya yaitu vitamin B12. Kekurangan vitamin B12 berisiko menyebabkan kerusakan sistem saraf terganggu hingga penurunan fungsi otak.

Oleh sebab itu, manfaat kerang laut yang memiliki mengandung vitamin B12 dalam jumlah tinggi sangat disayangkan sekali jika dilewatkan begitu saja. Mengkonsumsi kerang dapat membantu menjaga fungsi sistem saraf, terutama pada bagian otak.

Baca juga :  9 Cara Efektif Membakar Lemak Tubuh

Cara Aman Mengkonsumsi Kerang Laut

Beberapa orang diantara kita mengidap alergi terhadap kerang laut. Bila terjadi munculnya gejala-gejala alergi seperti gatal, muncul ruam, biduran, mual, muntah, diare, sesak nafas atau pembengkakan, berhentilah mengkonsumsi lalu segeralah minum obat anti alergi.

Kerang laut juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi secara mentah karena risikonya sangat tidak baik bagi kesehatan. Sebaiknya masaklah kerang laut dengan cara direbus terlebih dulu selama kurang lebih lima menit atau bisa juga dikukus selama empat hingga sembilan menit.

Hindari mengkonsumsi kerang laut yang pada cangkangnya tidak bisa dibuka. Ini berarti kerang laut tersebut sudah mati sebelum dimasak. karena kerang laut yang telah mati sangat cepat sekali membusuk dan rasanya yang berbeda serta tidak nikmat lagi untuk dikonsumsi.


Like it? Share with your friends!

76
12 shares, 76 points
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals