5 Terapi Stroke Ringan yang Jarang Diketahui


5 Tips Terapi Stroke Ringan

5 Tips Terapi Stroke Ringan. Mungkin kamu pernah melihat teman atau orang terdekat kamu saat pagi hari terlihat sehat, kemudian ketika malam kamu mendengar bahwa Ia mengalami stroke ringan. Hal itu yang menyebabkan si pengidap mengalami mati rasa separuh badan yang sering kali dikatakan sebagai penyakit stroke ringan ringan.

Umumnya penyakit stroke ringan terjadi ketika pasokan darah ke area otak terputus. Sehingga mengakibatkan timbulnya kelumpuhan sementara dan sebagian pada tubuh yang terkena. Jadi faktor yang menyebabkan munculnya sakit stroke ringan ini tergantung pada daerah otak.

Bagian otak mana yang mempengaruhi hilangnya suplai darah dan dapat termasuk perubahan sensasi atau kontrol motorik pada tubuh. Apabila otak bagian kanan kekurangan suplai darah maka ada kemungkinan akan terserang stroke ringan sebelah kanan.

Apabila terkena stroke ringan sebelah kanan maka dibutuhkan terapi stroke ringan sebelah kanan. Stroke ringan atau juga disebut dengan penyakit disfungsi neurologis ini juga disebabkan oleh hilangnya sementara aliran darah ke otak, sumsum tulang belakang atau retina pada mata.

Baca juga :  Memahami dan Mengenali Ilmu Geologi Serta Perannya

Penyakit stroke ringan mempunyai gejala yang berbeda-beda pada setiap orang. Semua ini tergantung dari masing-masing pengidap. Jika seseorang sedang mengalami stroke ringan, maka dibutuhkan beberapa penanganan medis seperti diberikan obat atau dengan cara terapi stroke ringan.

Seperti apa terapi stroke ringan yang harus dilakukan? Berikut adalah 5 terapi untuk stroke ringan yang dapat dilakukan sebagai usaha untuk penyembuhan.

Terapi Psikologis

Pada umumnya seseorang yang mengalami sakit stroke akan mengalami depresi yang cukup berat, karena ini terjadi secara mendadak. Maka, terapi bagi penderita stroke ringan yang harus dilakukan pertama kali adalah berkaitan dengan psikologis dari orang tersebut. Jangan sampai penderita penyakit stroke membuat semakin terpuruk, yang akhirnya menjadikan semakin parah.

Terapi seperti ini dapat dilakukan oleh anggota keluarga atau bisa juga dengan bantuan dari tenaga profesional. Terapi stroke psikologis, bertujuan demi memberikan semangat kepada penderita untuk sembuh seperti sedia kala.

Terapi Akupuntur

Terapi untuk stroke ringan dengan akupuntur menitik beratkan pada titik-titik atau pusat tertentu yang ada pada syaraf. Teknik akupuntur bisa dilakukan pada bagian telapak kaki untuk mencari penyakit yang bersarang.

Baca juga :  KIM (Kesenian Irama Minang) sebagai Media Untuk Menjalin Silaturahmi

Terapi Stroke Akupuntur ini menggunakan media tusuk jarum. Jarum yang ditusukkan ke telapak kaki misalnya, cukup diberikan beberapa menit saja untuk memperlancar peredaran darah agar dapat menurunkan tekanan darah. Sehingga mampu membuka penyumbatan akibat kolesterol di pembuluh darah.

Terapi Fisioterapi

Fisioterapi adalah salah satu terapi untuk mengobati kelainan pada otot manusia yang kerap terjadi pada pengidap penyakit stroke ringan. Fisioterapi diberikan dengan cara sangat sederhana yaitu dengan mengobati fisik melalui exercise (pelatihan), massage (pemijatan), dan modilitas alat (penggunaan alat bantu untuk berjalan).

Terapi Stem Cell

Terapi stroke ringan ini dilakukan dengan membuat sumber sel baru. Di mana nantinya sel tersebut bisa memperbanyak diri sehingga menjadi sel baru dalam tubuh pengidap stroke. Terapi Stroke Stem Cell inilah yang dirasa paling aman bagi para pengidap serangan stroke. Maka dari itu terapi ini sungguh sangat disarankan.

Terapi Kognitif

Terakhir, kamu juga bisa mencoba terapi kognitif. Terapi untuk jenis stroke ringan secara kognitif ini adalah upaya mengasah kembali kemampuan berfikir dalam mengolah informasi yang masuk ke dalam otak.

Baca juga :  Main ke Museum 3D di Kotu, Jakarta

Terdapat beberapa metode yang digunakan untuk jenis terapi kognitif ini. salah satunya ialah dengan melakukan komunikasi secara lisan dengan penderita stroke yang mengalami kehilangan daya bicara.

Itulah beberapa terapi stroke ringan yang bisa dilakukan dalam proses penyembuhannya, dalam kasus seperti ini terapi yang paling penting adalah terapi psikologis. Karena, penderita yang mengalami stroke ringan sangat membutuhkan dukungan dari keluarga atau orang dekat di sekitarnya untuk membangun semangat hidupnya kembali. Di samping itu bantuan medis sangatlah dibutuhkan, agar kita lebih mengetahui kondisi dari penyakit tersebut.

Cukup sekian dulu pambahasan kita kali ini mengenai terapi stroke ringan sebelah kanan maupun yang lainnya. Apabila ada yang dapat di tambahkan silahkan melengkapi pada kolom komentar dibawah ini.


Like it? Share with your friends!

0
8 shares
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals