6 Cara Merawat Aki Mobil atau Motor Agar Awet


6 Cara efektif untuk merawat aki mobil dan motor

6 Cara Merawat Aki Mobil atau Motor Agar Awet. Aki merupakan salah satu bagian yang cukup penting peranannya dalam kendaraan kita. Fungsi utama dari aki ialah sebagai menyuplai sumber tenaga listrik bagi komponen-komponen pada mesin kendaraan kita.

Pada saat aki kendaraan tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya maka kenyamanan dalam berkendaran pun menjadi terganggu. Lantas apa yang dapat kita lakukan supaya kondisi aki tetap dalam keadaan prima dan tidak cepat rusak?

Berikut ini adalah beberapa cara yang wajib diketahui dan diperhatikan dalam merawat aki kendaraan kesayangan kita.

1. Memperhatikan beban penggunaan Aki.

Salah satu cara terbaik untuk merawat aki mobil ialah dengan memerhatikan beban penggunaan aki secara berkala. Pengecekan harus dilakukan secara rutin. Pengecekan ini sangat berguna supaya kondisi aki dapat diketahui secara tepat. Pengecekan beban penggunaan aki sendiri bisa dilakukan di bengkel resmi kesayangan kita.

2. Pembersihan secara rutin.

berikutnya adalah tips yang paling mudah dalam menjaga kondisi aki ialah dengan membersihkan aki secara berkala. Salah satu bagian penting yang perlu dibersihkan dan perlu mendapatkan perhatian lebih adalah bagian terminal aki. Terminal aki biasanya ditutupi oleh debu-debu dan kotoran.

Baca juga :  Tips Membeli Mobil Bekas atau Second

Hal ini menyebabkan terhambatnya hantaran listrik dari aki ke komponen mobil menjadi kurang optimal. Cara yang gampang untuk membersihkan terminal aki dengan membersihkannya menggunakan sikat kawat atau sikat plastik.

3. Panaskan Mesin Kendaraan.

Tahukah kalian bahwa memanaskan mesin adalah salah satu cara terbaik dalam merawat kesehatan aki mobil Anda? Meski kendaraan tidak sedang digunakan, namun memanaskan mesin kendaraan setiap hari merupakan hal yang wajib dilakukan.

Mesin yang tidak pernah dipanasi akan memberi dampak buruk pada kondisi aki. Aki akan menjadi cepat tekor dan soak. Oleh karena itulah, biasakanlah untuk memanaskan mesin kendaraan setiap hari setidaknya selama 3 hingga 8 menit.

4. Periksa performa Aki.

Menjaga suplai listrik di dalam aki adalah salah satu cara terbaik dalam merawat aki kendaraan kita. Saat kita merasa mesin sudah mulai sulit untuk dinyalakan maka ada kemungkinan jika cadangan listrik di dalam aki kendaraan sudah mulai menipis. Segera lakukan isi ulang cadangan listrik pada kendaraan kita.

Baca juga :  Komponen dan Fungsi Sistem Pendingin Mesin Mobil

5. Copot Kabel Aki ketika tidak digunakan dalam jangka waktu yang sangat lama.

Saat kendaraan tidak sedang digunakan dalam jangka waktu yang cukup panjang maka ada baiknya kita untuk melepaskan kabel aki dari terminal penghubungnya. Hal ini bertujuan untuk menghindari aliran listrik yang terus menerus. Jika dibiarkan secara terus menerus maka akan berakibat pada menurunnya kualitas aki kendaraan yang menjadikan tekor dan soak.

6. Menentukan Jenis Aki.

Salah memilih model aki atau memilih aki abal-abal hanya akan merusak bagian komponen mesin yang lainnya. Hal ini dikarenakan aki kendaraan berhubungan erat dengan kelistrikan di kendaraan kita. Jika suplai daya listrik ke dalam komponen-komponen lain terganggu, bukan tidak mungkin lagi part tersebut akan cepat mengalami kerusakan atau bermasalah.

Itulah beberapa tips yang bisa kita terapkan supaya aki kendaraan kita selalu dalam keadaan yang baik, membuat aki kendaraan kita tidak cepat tekor ataupun soak. Jangan sampai kenyamanan berkendara kita bersama kendaraan kesayangan menjadi terganggu akibat kita tidak mengetahui cara merawat aki yang tepat.

Baca juga :  5 Terapi Stroke Ringan yang Jarang Diketahui

Apabila adanya tambahan ataupun tips baru dalam metode perawatan aki kendaraan, maka dengan senang hati sekiranya dapat berbagi pada kolom komentar.


Like it? Share with your friends!

10
46 shares, 10 points
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals