Wisata Sejarah Di Benteng Pendem Cilacap


Wisata Sejarah Di Benteng Pendem Cilacap 1

Dalam buku sejarah disebutkan bahwa pada zaman dahulu Belanda pernah menjajah bangsa Indonesia selama 3,5 abad yang memberikan banyak sekali cerita dan sejarah tentang perjuangan negara Indonesia untuk meraih sebuah kemerdekaan.

Hal ini dapat terlihat dari masih banyaknya temuan saksi bisu berupa bangunan-bangunan kolonial bersejarah yang bisa kita temui diberbagai tempat di wilayah Indonesia.

Salah satu bangunan peninggalan bersejarah yang dapat kita temukan di Indonesia yaitu benteng, yang kala itu dipergunakan sebagai tempat pertahankan suatu kawasan dari berbagai gempuran serangan yang diluncurkan oleh para pejuang Indonesia demi meraih sebuah kemerdekaan. Saat ini bangunan-bangunan heritage ini menjadi salah satu kawasan wisata sejarah yang bisa kita datangi.

Loka Wisata Benteng Pendem Kabupaten Cilacap
Loka Wisata Benteng Pendem Kabupaten Cilacap

Benteng Pendem berlokasi di area pantai Teluk Penyu Kabupaten Cilacap Jawa Tengah, merupakan benteng bersejarah peninggalan bangsa Belanda yang dibangun pada tahun 1816. Benteng Pendem dalam bahasa Belanda yang memiliki arti Kustbatterij op de Landtong te Cilacap. Sedangkan dalam bahasa Indonesianya yang berartikan Benteng Pendam atau Benteng yang telah terpendam.

Baca juga :  Yuk Jalan Jalan ke Situ Gunung Sukabumi Jawa Barat

Seperti yang disebutkan bahwa dinamai Benteng Pendem ini dikarenakan bangunan ini sebagiannya telah terpendam didalam tanah. Bangunan ini dahulu diriwayatkan memiliki fungsi sebagai Kantor pemerintahan Hindia Belanda dan juga bagian dari markas pertahanan Kolonial Belanda. Pembangunannya sendiri memakan waktu kurang lebih sekitar 18 tahun mulai dari tahun 1816 dan digunakan pada tahun 1879 yang menempati area seluas 6,5 hektar.

Benteng yang pernah terbengkalai karena telah tertutup tanah pesisir pantai, lalu pada tahun 1986 oleh pemerintah daerah Kabupaten Cilacap dilakukan penggalian dan pemugaran di kawasan lokasi benteng. Sejak saat itu sampai sekarang Benteng Pendem menjadi bukti sejarah bangsa Indonesia yang berjuang dikala penjajahan Belanda.

Benteng Pendem mempunyai struktur bangunan yang terdiri atas beberapa bagian ruangan. Bagian ruangan yang terdapat didalam bangunan Benteng Pendem mempunyai fungsinya masing-masing. Namun setelah ditemukannya benteng ini, ruangan-ruangan pada bangunan sepenuhnya belum bisa diketahui.

Salah satu Ruangan Senjata di Benteng Pendem Cilacap
Salah satu Ruangan Senjata di Benteng Pendem Cilacap

Saat ini hanya beberapa ruangan saja yang secara umum ruangan dalam Benteng yang dapat teridentifikasi, seperti ruang barak tentara, ruang tahanan, benteng pertahanan, ruang rapat, ruang pengintai, klinik pengobatan, ruang persenjataan, ruangan perwira, ruang dapur, ruang amunisi dan juga peluru.

Baca juga :  KIM (Kesenian Irama Minang) sebagai Media Untuk Menjalin Silaturahmi

Benteng pendem yang sebagian besarnya masih terpendam oleh tanah dan pasir yang berada di pesisir pantai Cilacap tersebut. Menurut keterangan dari Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap sendiri memang belum tergali sepenuhnya kawasan benteng yang terpendam oleh tanah tersebut.

Hal ini dikarenakan kebutuhan dana yang cukup sangat besar dan juga perlu waktu yang sangat lama untuk membuka semua benteng tersebut.

Terowongan di Benteng Pendem Cilacap
Terowongan di Benteng Pendem Cilacap

Menurut informasi yang berkembang, Benteng Pendem menyimpan sebuah misteri dengan lorong bawah laut yang terhubung dengan benteng-benteng dan juga goa yang  berada di Pulau Nusakambangan itu. Lorong tersebut kini telah tertutup oleh tanah dan tergenang air laut dikarenakan dinding-dinding benteng banyak yang sudah bocor.

Memang bila kita memasuki area Benteng Pendem ini suasana unsur magis yang menyelimuti sangatlah kental dirasakan. Banyak sekali cerita-cerita dimasyarakat yang pernah mendengar suara-suara aneh bahkan melihat sosok-sosok mahluk gaib yang mendiami tempat tersebut.

Tak perlu cemas, kalau hendak berkunjung ke Benteng Pendem untuk mengenal dan mempelajari dari bukti sejarah yang ada di Cilacap, karena sebuah niat yang baik akan mendatangkan kebaikan pula.


Like it? Share with your friends!

11
47 shares, 11 points
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals