Cara Mengatasi Mobil Brebet Saat Di Gas. Patut dicoba.


Cara mengatasi mobil brebet

Cara mengatasi mobil brebet memang ada saja masalah jika anda memiliki sebuah kendaraan apalagi sebuah mobil. Pada kebanyakan mobil mengalami masalah pada akselerasinya. Seperti brebet saat di gas pada saat jalan dan membuat mobil tidak enak di kendarai. Hal ini banyak terjadi pada mobil tahun muda ataupun tahun tua.

Dan yang mengakibatkan mobil brebet sendiri ada banyak faktor, berikut adalah beberapa faktor dan cara mengatasi mobil yang tersendat atau brebet saat di gas.

1. Pertama

Cek Selang tangki kendaraan yang mengarah ke pompa bensin, biasanya kerak dan kotoran dari bahan bakar minyak banyak berkumpul di dalam tangki mobil. Kemudian biasanya kotoran tersebut ikut tersedot lalu masuk ke dalam pompa bensin, alhasil mobil akan terasa tersendat ketika di gas.

Selain itu bila pompa bensin jarang di periksa bisa jadi pompa tersebut akan melemah dan akan mati karena banyak kotoran yang melekat. Untuk itu waspadalah sebelum mobil anda brebet dan mogok di jalan, usahakan memeriksa pompa bensin secara berkala agar pompa bensin bekerja maksimal.

Baca juga :  Trik Service Karburator Kendaran, Tanpa Harus Ke Bengkel.

2. Kedua

Periksa komponen filter bensin, saringan bensin sendiri memiliki dua katup yang berbeda. Salah satu katup mengarah ke selang pompa bensin dan yang satu katup lagi mengarah ke karburator atau injeksi.

Biasanya mobil brebet di sebabkan oleh saringan bensin yang kotor, bahkan pada kebanyakan orang menemukan sisa-sisa air yang menumpuk pada saringan bensin yang membuat mobil tidak stabil saat di gas dan brebet saat di bawa jalan.

3. Ketiga

Periksa juga pada komponen busi, busi merupakan salah satu pengapian yang berperan besar pada mesin mobil anda. Di dalam sebuah mesin mobil biasanya terdapat tiga atau empat buah busi yang di tanamkan, semua tergantung dari silinder mobil itu sendiri.

Cek pada setiap busi dengan mencopot dan mengetest nya pada mesin hidup, busi yang sudah mati biasanya tidak mengeluarkan percikan api lagi jika di tempelkan ke metal mesin. Nah, bisa jadi mobil anda brebet karena busi mati satu dari ketiga atau keempat busi yang ada pada mesin mobil anda.

Baca juga :  Penyebab Ban Pecah dan Cara Menanganinya

Dan ingat, jika kalian ingin mengganti busi, alangkah baiknya disamakan dengan merk busi sebelumnya. Agar tidak terjadi mesin pincang atau brebet pada mobil kalian. dan gunakan busi yang direkomendasikan oleh bengkel resmi.

4. Keempat

Periksalah pada bagian kabel busi, umumnya kabel busi juga dapat membuat mobil kalian menjadi brebet. Kabel busi yang sudah tak layak dipakai biasanya akan terdapat pecah atau retak pada katupnya.

Jika terdapat katup pada kabel busi telah pecah atau retak, sebaiknya segera mengganti dengan kabel busi yang baru. Karena jika masih menggunakan kabel busi yang lama, maka api yang di alirkan dari platina atau cdi kurang maksimal dan bocor, sehingga membuat mobil kalian brebet saat di gas.

5. Kelima

Periksalah komponen koil pada mesin kendaraan kalian, biasanya koil yang tidak bekerja secara maksimal akan membuat mobil kalian mengalami brebet pada saat di gas. Koil pada kendaraan sendiri terbagi menjadi 2 jenis yakni koil mobil karburator dengan koil mobil injeksi.

Baca juga :  Penyebab Knalpot Motor Nembak dan Cara Mengatasinya

Walaupun memiliki cara kerjanya sama, namun yang membedakan ialah koil mobil injeksi memiliki 3 atau 4 buah koil pada mesinnya. Sehingga bila mati diantara satunya menyebabkan mobil anda akan brebet dan kurang bertenaga.

6. Keenam

Untuk menjaga komponen mobil tetap awet dan tahan lama, ada baiknya kalian menggunakan bahan bakar yang berkualitas tinggi seperti pertamax atau pertamax plus yang memiliki nilai oktan yang tinggi. Sehingga kendaraan kalian akan nyaman dan tarikannya menjadi enteng saat di gas. Dan mencegah brebet pada saat di gas.

Ok guys, mungkin cukup sekian untuk sharing kita pada kesempatan kali ini, mengenai Mengatasi Mobil Brebet ketika di gas, semoga dapat menambah wawasan dan bisa bermanfaat untuk kalian semua, bila ada pertanyaan atau tambahan yang berkaitan dengan kendaraan yang brebet bisa ditambahkan pada kolom komentar dibawah ini.


Like it? Share with your friends!

8
17 shares, 8 points
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals