9 Cara Mengetahui Kepribadian Seseorang


9 Cara Mengetahui Kepribadian Seseorang

Dalam Dunia Psikologi dewasa ini banyak sekali fakta dan metode untuk mengetahui tentang kepribadian seseorang, kita tahu setiap manusia memiliki karakternya masing-masing yang pastinya berbeda antara pribadi yang satu dengan yang lainnya.

Bagi para Akademisi hal tersebut masih menjadi kajian ilmiah dalam mempelajari karakter pribadi seseorang, namun ada cara serta metode yang telah dianggap umum tentang fakta dan cara mengetahui pribadi seseorang, berikut metode-metode umum yang patut kalian ketahui.

1. Bentuk Tulisan Tangan

Tulisan seseorang memang menurut para ahli dapat menggambarkan tentang karakteristik pribadi seseorang dalam berperilaku serta bersosialisasi dalam masyarakat, fakta dan cara mengetahui pribadi seseorang dalam bentuk tulisan itu dikenal dengan istilah Grafologi.

Dalam ilmu Grafologi untuk menilai pribadi seseorang dilihat berdasar aspek yang dilihat dalam bentuk penulisan seseorang seperti bentuk tulisan tangan, bentuk kemiringan huruf, jarak antara spasi satu kata dengan kata yang lainnya, bentuk besar dan kecilnya suatu huruf, serta arah penulisan seseorang dalam baris tulisannya itu.

Hal yang cukup mudah untuk dipelajari tentang memahami serta mengenal karakteristik kepribadian seseorang dalam penulisan biasanya adalah mengenalnya dalam bentuk tanda-tangan seseorang.

2. Tanggal Lahir

Banyak orang-orang yang meyakini dan percaya bahwa tanggal lahir seseorang dapat mempengaruhi pribadi serta karakter orang tertentu, tanggal lahir yang juga merupakan Subgrup dari numerologi adalah suatu kepercayaan yang beranggapan bahwa ada kaitan yang cukup erat antara angka-angka tanggal lahir seseorang dengan sifat dan pribadi orang tertentu yang terkait dan saling berhubungan.

Metode ini juga biasa digunakan oleh para ahli Metafisik dalam meramal kehidupan orang tertentu tentang kejadian yang akan dialami orang terkait kedepannya atau sebuah peristiwa yang belum terjadi.

Baca juga :  Mendaki Gunung Gede

3. Aura

Percayakah anda bahwa untuk mengetahui sifat dan karakter pribadi seseorang dapat dilihat melalui aura yang tentunya setiap orang memiliki bentuk serta warna auranya yang masing-masing berbeda antara pribadi yang satu dengan lainnya.

Dalam penerapan metode ini seseorang akan dilihat berdasarkan warna aura yang keluar dalam diri seseorang, sebagai contoh seseorang yang mempunyai aura berwarna merah maka orang tersebut cenderung memiliki pribadi dan sifat ego yang tinggi dalam mencapai apa yang telah menjadi tujuannya.

Pada era modern saat ini banyak dari para penliti dalam mengetahui sifat dan karakteristik seseorang menggunakan metode ini, peralatannya pun dapat anda jumpai dengan mudah dikarenakan teknologi yang semakin maju saat ini, tidak sulit bagi para peniliti untuk melakukan hal tersebut.

4. Bentuk Wajah

Setiap manusia diciptakan Tuhan dengan bentuk wajah yang berbeda-beda, mulai dari laki-laki dan perempuan, Tapi tahukah anda bahwa terdapat fakta dan cara mengetahui pribadi seseorang dengan melihat dari bentuk wajah orang tertentu. Wajah memang dapat menggambarkan ekspresi atau keadaan hati seseorang saat sedang dalam keadaan mood tertentu.

Metode yang satu ini dikenal dengan nama Personology atau Physiognomy, yaitu metode yang dapat digunakan untuk membaca pribadi dan karakter seseorang berdasarkan bentuk wajahnya. Metode ini paling disukai dan banyak diterapkan di Negara Cina, dimana karakteristik seseorang diteliti mulai dari bentuk wajah keseluruhan hingga ke bentuk hidung, mulut, alis serta bentuk organ tubuh yang terdapat pada wajah.

5. Psikoanalisis

Psikoanalisis ialah sebuah metode yang dilakukan oleh ahli psikologi dengan memberikan Questioner atau beberapa bentuk pertanyaan serta pandangan terhadap seseorang. Sudah banyak dari semua orang pasti telah mengetahui atau melihat bentuk Quiz yang berisi sejumlah pertanyaan yang pada akhir sesi akan diberikan hasil tes mengenai sifat dan pribadi dengan mengambil kesimpulan berdasarkan quiz tersebut.

Baca juga :  Sepeda Ontel Tua Berjuta Kenangan

Psikoanalisis sebenarnya metode yang paling logis menurut sebagian kalangan, dengan melihat kondisi mental seseorang atas respon yang diberikan orang tersebut mengenai pertanyaan-pertanyaan yang ada dalam questioner tersebut dapat ditarik kesimpulan mengenai sifat serta karakteristik yang dimiliki orang tersebut.

6. Golongan darah

Setiap manusia pasti memiliki golongan darahnya sendiri diantaranya yaitu A, B, AB, atau O. Golongan darah itu sendiri pada dasarnya mempunyai peranananya yang cukup penting dalam kehidupan manusia secara Biologis, tapi percayakah anda bahwa ternyata golongan darah seseorang dipercaya bisa menentukan karakter dan sifat kepribadian seseorang.

Hal tersebut sangat diyakini dan dipercaya dalam kebudayaan Korea dan Jepang dalam mengetahui pribadi seseorang berdasarkan metode dengan mempelajari golongan darah. Bahkan mempunyai kepercayaan, bahwa kepemimpinan dapat ditentukan berdasarkan golongan darah.

7. Gambar

Anda mungkin telah banyak mendengar hal ini dalam sebuah wawancara kerja. Metode ini biasa dikenal dengan nama psycho-drawing, merupakan sebuah metode dengan penilaian psikologi yang mana seseorang akan diminta untuk menggambar sebuah objek abstrak yang masih relevan dengan subjek yang diberikan.

Contoh sederhana yaitu menggambar pohon dengan waktu 3 menit. Pohon yang digambar itu ialah sebuah pohon yang digambar sesuka Anda dan yang nantinya hasil gambar pohon itulah yang dapat menentukan kepribadian Anda yang dilihat dari cara kalian membuat sebuah arsiran, membuat bidang, membentuk garis lurus, bengkok, dan sebagainya.

Baca juga :  8 Cara Mudah Berpikir Positif yang Patut dicoba

8. Zodiak

Inilah metode yang sangat popular dalam menilai sifat serta kepribadian seseorang yaitu berdasarkan zodiak atau rasi bintang yang dimilliki seseorang. Kepercayaan Barat beranggapan bahwa, setiap orang terlahir di bawah sebuah rasi bintang yang biasa kita kenal dengan nama zodiak, yang secara total keseluruhan ada 12 zodiak.

12 zodiak ini sebetulnya adalah sebuah bentuk konstelasi bintang yang masing-masing bentuknya dapat terlihat di langit pada bulan-bulan tertentu. Banyak orang yang beranggapan bahwa zodiak dapat menilai aspek kehidupan seseorang seperti asmara, finansial atau sejenisnya, ini yang biasa disebut dengan metode horoskop.

9. Garis tangan

Cara untuk dapat mengetahui kepribadian seseorang yang dilihat dari telapak tangan atau bentuk garis tangan yang dimiliki seseorang. Metode ini sangatlah popular di Cina, tak cuma ditujukan untuk membaca kepribadian seseorang namun juga dipercaya bias menggambarkan masa depan seseorang.

Cara membaca sebuah garis tangan yaitu jika kalian berusia dibawah 30 tahun dan berjenis kelamin pria maka menggunakan tangan kiri. Untuk membaca garis tangan kalian sedangkan tangan kanan digunakan untuk menganalisis ke depannnya.

Sedangkan bila seorang berjenis kelamin wanita berumur dibawah 30 tahun maka gunakan tangan kanan dan tangan kiri untuk menganalisis.

Mungkin cukup sekian dulu pembahasan kita untuk kali ini tentang cara mengetahui kepribadian seseorang, jika memiliki metode-metode lain yang belum disebutkan di atas atau jika kalian sedang mempelajari cara-caranya namun mengalami kesulitan maka jangan sungkan untuk menuliskan dalam bentuk komentar dibawah ini.


Like it? Share with your friends!

7
14 shares, 7 points
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals