Curug Cipeuteuy Melangkahi Jejak Prasejarah Situs Cibalay


Curug Cipeteuy Bogor 2

Bogor merupakan salah satu lokasi favorit liburan bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Selain memang karena jaraknya yang relatif cukup dekat, Bogor juga mempunyai banyak destinasi wisata yang seru untuk dikunjungi.

Selain itu, Bogor juga memang tak pernah kehabisan objek wisata air terjun atau yang lebih terkenal dengan istilah Curug nya. Hampir di setiap sudut kota ini menyimpan segudang destinasi curug.

Salah satunya ialah Curug Cipeteuy yang berlokasi di Desa Tapos I, Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor. Curug ini berada di kaki Gunung Salak. Jadi udaranya lumayan dingin dan sudah tentu air terjunnya. Selain itu, bersebelahan dengan letak Curug Cipeteuy, terdapat pula Situs Sejarah, yaitu Situs Cibalay.

Untuk mencapai kesana, kita tidak perlu harus repot- repot bertanya atau menggunakan Google Maps, cukup dengan mengikuti arah ke Curug Luhur. Setelah kalian sampai di Curug Luhur kalian melanjutkan perjalanan lagi kira-kira 500m.

Curug Cipeteuy Bogor 1

Dari sana jalan yang akan kita lewati cukup kecil, tidak disarankan untuk menggunakan kendaraan roda empat jika ingin berkunjung kesini, karena jalannya sangatlah sempit hanya bisa dilalui oleh satu mobil saja dan jalanya sedikit rusak.

Baca juga :  Main dan Jogging di Hutan Kota Tebet

Kurang dari 1km kita akan menemukan areal untuk parkir kendaraan, bisa rumah warga atau di tempat parkir yang memang telah disediakan oleh pihak pengelola.

Keuntungan yang akan didapat traveler apabila berkunjung ke Curug Cipeuteuy yang dikaruniai panorama indah itu, kita juga akan melangkahi jejak prasejarah Situs Cibalay, yang sekilas mirip dengan Gunung Padang di Cianjur, dengan struktur punden berundak nya.

Pada kawasan wisata ini terdapat banyak menhir atau batu yang menancap tegap di atas tanah, dan Anda pasti melintasinya saat berjalan kaki menuju air terjun Cipeuteuy. Sisa peninggalan megalitikum itu diprediksi sudah ada sebelum memasuki babak Masehi, yang dibuat untuk menghormati roh nenek moyang yang bersemayam di puncak-puncak gunung.

Curug Cipeteuy Ciapus Bogor ini termasuk paket lengkap karena ada tempat untuk camp didalamnya, Hutan Pinus dan Curug nya. Untuk dapat berkamping disini kita hanya cukup membayar biaya sebesar Rp. 25.000 saja per orang 1 malamnya. Pihak setempat tidak menyediakan sewa tendanya jadi kalian harus membawa tenda sendiri.

Baca juga :  Tempat Menginap Murah Bogor Ga

Curug Cipeteuy Bogor 4

Didalam perjalanan menuju ke Curug nya kita akan menemukan sebuah rumah pohon yang bisa kalian jadikan spot untuk berfoto disana. Dan itu juga sebagai tanda kalau kita sudah sampai di tempat yang dijadikan untuk Camping. Tidak jauh dari kita camp, Curug nya pun sudah menanti dibawahnya.

Menurut info, di Curug Cipeteuy ini ada 8 curug, tetapi hanya 2 yang jalurnya sudah jelas. Jarak dari hutan pinus ke curug pertama dekat sekali, hanya sekitar 100 meter, sedangkan untuk ke curug kedua sekitar 500 meter.

Curug Cipeteuy walaupun areanya kecil tapi memiliki keunikan sendiri, selain Airnya sangat bersih dan jernih. Sampai-sampai bebatuan yang letaknya lumayan dalam (sekitar 1 meter) terlihat jelas dari permukaan air. Mungkin karena masih jarang orang yang kesana, jadi air masih sangat alami.

Curug ini tidak begitu tinggi, hanya sekitar 2 meter dengan kedalaman 2 meter juga. Jadi sangat cocok buat renang tapi sayangnya lebarnya sangat kecil sehingga paling hanya bisa di isi 7 orang. Kubangan bulat dengan tetesan air yang keluar dari akar-akar pohon besar akan tersaji sesampainya kita di spot Curug Cipeuteuy.

Baca juga :  5 Terapi Stroke Ringan yang Jarang Diketahui

Air terjun di lokasi ini menawarkan sensasi dingin nan menyegarkan dengan limpahan air dari kaki Gunung Salak, yang tak pernah kering sepanjang tahun.

Jika kalian pernah ke air terjun ini, ceritakan kisah menarik kalian dikomentar ya.


Like it? Share with your friends!

8
47 shares, 8 points
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals