Kain Lap Majun Memanfaatkan Limbah Tekstil


Kain Lap Majun Tumpuk Sambung
Kain Lap Majun Tumpuk Sambung

Kain majun atau kain lap adalah kain sisa potongan (kain perca) yang dipergunakan untuk membersihkan segala jenis kotoran. Kain majun dapat juga digunakan untuk membersihkan berbagai macam kotoran seperti air, oli, debu, lumpur maupun kotoran hasil sebuah proses.

Dalam berbagai kegiatan perawatan mesin atau alat berat fungsi kain majun dianggap penting. Sama pentingnya dengan berbagai tools maupun peralatan safety lainnya.

Padaa umumnya kain majun terbuat terbuat dari potongan kain sisa dari industri garmen atau konveksi pakaian. Kain limbah ini kemudian dikelompokan atau dipilah berdasarkan bentuk serta ukuran potongannya yang tidak beraturan.

Lalu kemudian diproses disambung-sambung dan dijahit sebelum dijual kepada konsumen, kemasan dalam bentuk karungan atau bal-balan biasanya berisikan 50kg.

Harga kain lap majun yang cukup ekonomis membuat di berbagai workshop alat berat hingga mekanik field yang bertugas di lapangan, melengkapinya sebagai tools yang digunakan dalam keseharian mereka bekerja.

Sifat kain lap majun yang mudah dan praktis, dapat dengan mudah dibuang begitu saja setelah dipergunakan, membuat kain lap majun lebih diminati ketimbang harus meemakai kain lap yang harus di cuci kembali untuk dibersihkan apabila selesai dipergunakan.

Baca juga :  Cara Menghemat Biaya Listrik dan Air di Rumah

Walaupun tentunya hal ini dapat menimbulkan masalah terhadap lingkungan, jika limbah kain majun yang sudah digunakan dan telah terkontaminasi bahan-bahan berbahaya seperti cairan oli, gemuk maupun berbagai bahan kimia tidak dikontrol mengenai pembuangannya.

Oleh sebab itu dianjurkan kepada produsen dapat menghimbau kepada konsumennya agar limbahnya dipastikan dibuang pads tempatnya.


Like it? Share with your friends!

67
54 shares, 67 points
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals