Kebun Buah Mangunan, Pesona Negeri di Atas Awan


Kebun-Buah-Mangunan-Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta memang benar-benar sangat beruntung memiliki bentangan alam yang begitu beragam. Hampir seluruh keindahan alam yang dimiliki oleh Kota yang juga disebut sebagai Kota Gudeg ini.

Berbicara mengenai destinasi tempat wisata di Jogja memang tak pernah ada habisnya. Ada cukup banyak pantai di pesisir selatan yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Jika merasa bosan dengan wisata pantai, kita juga bisa coba mengunjungi wisata alam di daerah Bantul, salah satunya adalah Kebun Buah Mangunan.

Kebun Buah Mangunan, Pesona Negeri di Atas Awan 1

Bagaikan sebuah negeri di atas awan, Kebun Buah Mangunan berada di atas ketinggian kurang lebih sekitar 150-200 meter dari permukaan laut, terletak di sebuah kecamatan Dlingo yang bisa ditempuh dengan jarak sekitar 1 hingga 1,5 jam perjalan dari pusat kota Yogyakarta.

Berada di ketinggian, pengunjung akan disuguhi oleh pemandangan yang sangat luar biasa indah. Sederet pengunungan terlihat jelas dari tempat ini.

Atmosfer romantis juga sangat terasa dengan adanya gumpalan-gumpalan awan tebal yang menyelimuti tempat ini. Rasanya bagaikan berada di cerita dongeng, sungguh menakjubkan.

Baca juga :  Kerajinan Tangan dari Tanah liat di Kasongan

Hal yang sangat menarik dari wisata Kebun Buah Mangunan tentu saja adalah pemandangan pegunungan Sewu dan juga Sungai Oyo. Pemandangan yang menyatu membuat pemandangan yang sangatlah indah. Apalagi saat kamu mengunjungi tempat ini di waktu-waktu yang tepat. Seperti saat gumpalan kabut tebal menyelimuti pegunungan tersebut, akan terasa berada disebuah negeri atas awan.

Waktu paling pas untuk berkunjung ke Kebun Buah Mangunan ialah pukul empat pagi. Pada waktu tersebut, pengunjung dapat merasakan keseruan melihat matahari terbit dari puncak ketinggian.

Kebun Buah Mangunan, Pesona Negeri di Atas Awan 2

Tak perlu khawatir jika tak dapat datang diwaktu subuh. Sekitar pukul setengah lima sore, pemandangan matahari terbenam yang tersaji juga tak kalah luar biasanya.

Selain itu, ketika berjalan kaki menuju puncaknya, akan terlihat area perkemahan, outbound, greenhouse, kolam pancing, serta berbagai koleksi pohon buah-buahan yang tidak diperbolehkan untuk dipetik buahnya.

Kebun buah Mangunan dibangun di atas tanah seluas 23 hektar pada tahun 2003 lalu. Dengan jumlah tanah seluas ini membuat kebun buah mangunan ditanami banyak sekali pepohonan seperti pohon mangga, rambutan, jeruk, durian, manggis dan masih banyak lagi yang lainnya.

Baca juga :  Wayang Kulit Jawa Tetap Eksis di Jaman Digital

Selain pohon buah, kawasan ini juga memiliki beberapa pohon jati, dan juga pohon pinus yang tampak cantik.

Untuk mencapai kawasan wisata Kebun Mangunan ini juga tidak terlalu sulit. Dari pusat kota Jogjakarta kita tinggal menuju ke perempatan ring road terminal Giwangan. Selanjutnya dari perempatan tinggal melanjutkan arah selatan melalui jalan Imogiri Timur sampai ketemu pertigaan, kemudian belok kiri ke arah timur.

Setelah itu akan terdapat papan petunjuk arah. kita tinggal mengikuti petunjuknya untuk sampai ke Kebun Buah Mangunan. Jika khawatir nyasar, kita bisa menggunakan aplikasi Map untuk membantu navigasi.

Harga Tiket Masuk

Pengunjung yang tertarik menikmati wisata alam ini cukup hanya membayar tiket masuk sebesar Rp. 5000,- (lima ribu rupiah) saja. Sementara biaya parkir kendaraan roda dua sebesar Rp. 2.000,- (dua ribu rupiah) untuk kendaraan roda empat sebesar Rp. 3.000,- (tiga ribu rupiah).

Dari loket pintu masuk pengunjung hanya perlu berjalan kaki untuk dapat menuju puncak Kebun Buah Mangunan.

Sebagai destinasi wisata yang sudah cukup lama didirikan, fasilitas di Kebun Buah Mangunan sudah tergolong cukup lengkap. Mulai dari area parkir luas, musholla, toilet umum, gazebo, pendopo, joglo, kolam renang, sampai kolam pancing sudah tersedia.

Baca juga :  Main ke Kampung Warna – Warni Malang

Selain itu ada pula gedung pertemuan yang dapat menampung sekitar 300 orang. Untuk yang hendak bermalam disini, tersedia juga penginapan maupun homestay. Jika ingin lebih menyatu dengan alam, terdapat pula area perkemahan.

Ketika kita melihat kearah selatan, maka akan mendapati pemandangan Pantai Parangtritis yang amat mempesona. Hanya saja, pengunjung harus memiliki keberuntungan. Bila kabut tiba maka, pemandangan pantai parangtritis tidak akan terlihat.

Selain pemandangan Pantai Parangtritis ada pula sungai Oyo yang melintang dan berkelok, walau sedikit surut. Namun, dapat memberikan sebuah kesan yang berbeda. Dimana, sungai ini membuat Kebun Buah Mangunan terlihat sangat mempesona.

Ditambah lagi udara yang sangat sejuk dan angin yang berhembus semilir. Rasanya enggan untuk beranjak ketempat lain.


Like it? Share with your friends!

23
61 shares, 23 points
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals