Kerajinan Tangan dari Tanah liat di Kasongan


KERAJINAN-TANAH-LIAT-ASAL-KASONGAN-YOGYAKARTA-2

Kerajinan Tangan dari Tanah liat di Kasongan. Kasongan adalah salah satu destinasi wisata yang ada di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi tepatnya berada di Pedukuhan Kajen, Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan.

Tak seperti tempat wisata pada umumnya yang hanya menyajikan kecantikan alam yang mempesona, Kasongan memiliki ciri khas  yang lebih identik sebagai sebuah objek wisata khusus bagi para penggemar kerajinan tangan yang berbahan dari tanah liat seperti keramik dan gerabah.

Kasongan memang sudah sejak zaman dahulu dikenal dengan kerajinan gerabah nya, para penduduk di sana kebanyakan telah memiliki keterampilan khusus ini sebagai pembuat berbagai macam kerajinan dari bahan tanah liat yang diwariskan secara turun temurun mulai dari generasi ke generasi.

Pada awal sejarah zaman dahulu wilayah Kasongan menjadi sebuah pusat para pengerajin gerabah dimulai pada saat masa penjajahan Belanda di Indonesia, ketika ditemukannya seekor kuda yang mati di wilayah ini, penduduk mengetahui bahwasannya kuda tersebut adalah milik Reserse Belanda.

Baca juga :  Pasar Pahing, Serunya Pasaran Jawa

Oleh karena itu maka pemilik sawah pun melepaskan hak atas tanahnya dikarenakan khawatir jika dituduh kemudian dituntut karena telah membunuh seekor kuda milik petinggi Belanda kala itu.

Ketakutan pun juga dialami oleh penduduk lainnya yang mempunyai lahan tanah di sekitar tempat ditemukannya kuda mati tersebut, pada akhirnya mereka beramai-ramai merelakan hak kuasa atas lahan tanah di area itu.

Lalu kemudian setelah sekian lama lahan tanah tersebut tak memiliki tuan, akhirnya penduduk desa lain meng-klaim atas tanah itu.

Penduduk yang mengambil alih daerah tersebut kemudian beralih profesi dari yang semula bekerja sebagai petani kemudian berubah menjadi pembuat kerajinan tanah liat yang digunakan untuk keperluan dapur, kemudian seiring berjalannya waktu, kerajinan yang dibuat oleh para penduduk Kasongan itu pun semakin bervariatif dan inovatif.

Kerajinan Tanah Liat Kasongan Yogyakarta
Membuat kerajinan tangan dari Tanah Liat di Kasongan

Bukan hanya membuat barang-barang kebutuhan dapur saja, melainkan produk yang dihasilkan kini kebanyakan adalah barang-barang kerajian hiasan berseni tinggi seperti patung, guci, keramik, pot bunga dan lain-lain.

Hingga saat ini di Kasongan sudah banyak ditemui toko-toko Show Room atau ruang pameran kerajinan hasil seni dari buah tangan kreatif penduduk lokal setempat.

Baca juga :  Memanjakan Mata di Taman Anggrek Ragunan

Jika hendak kesana, jalan menuju kasongan dari pusat Kota Yogyakarta di butuhkan waktu kurang lebih sekitar 25 menit berkendaraan.

Jalur paling dekat dapat melintasi dari perempatan Ring Road Selatan menuju arah jalan Bantul (perempatan Dongkelan) lalu kemudian disana terdapat papan penunjuk arah menuju lokasi wisata Kasongan, tinggal ikuti saja petunjuk tersebut.


Like it? Share with your friends!

32
52 shares, 32 points
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals