Manfaat Berkumur dengan Air Garam


5-Manfaat-Rahasia-Berkumur-dengan-Air-Garam

Berkumur dengan larutan air garam telah dilakukan sejak jaman dahulu kala, dan dipercaya dapat mengatasi hampir seluruh masalah mulut. Manfaat berkumur dengan air garam saat ini belum banyak diketahui. Garam yang dilarutkan ke dalam air tidak boleh terlalu banyak, karena menggunakan garam berlebih justru berdampak membahayakan tubuh.

Garam mempunyai kualitas alami untuk menghisap kelembapan dengan proses osmosis, membunuh bakteri, serta mengurangi rasa sakit. Manfaat kesehatan dari larutan air garam didasari oleh sifat-sifat tersebut.

Bahkan, penelitian dan pengobatan modern saat ini masih mendukung pemberian air garam sebagai metode pengobatan alternatif yang baik, guna pendekatan efektif untuk masalah kesehatan ringan tertentu.

Berikut ini merupakan berbagai manfaat berkumur dengan air garam.

1. Pencuci mulut

Masalah bau mulut bisa disebabkan dari berkembangnya bakteri didalam mulut. Air garam dapat membantu membersihkan bakteri penyebab bau di mulut dan mencegahnya muncul kembali. Di samping itu, air garam juga efektif guna meredakan rasa sakit dan juga iritasi di dalam rongga-rongga mulut.

Baca juga :  Menikmati Gudeg Ibu Sudji

Caranya sangat sederhana. Cukup bubukan beberapa sendok garam ke dalam segelas air hangat. Kemudian campurkan hingga garam larut lalu gunakan berkumur dengan air tersebut selama beberapa detik. Ulangi sesuai kebutuhan. Jika ingin menambahkan rasa. Kita dapat menambahkan beberapa tetes peppermint oil.

2. Meringankan masalah hidung

Berkumur menggunakan air garam juga bisa mempengaruhi rongga pada hidung, yaitu dengan cara menguras seluruh lendir dan menghilangkan infeksi bakteri.

Cara kerja larutan air garam pada hidung dilakukan dengan masuknya cairan pada kapiler darah, yang memungkinkan kapiler melebar. Itu semua mengakibatkan pelepasan penumpukan lendir sehingga lendir mengalir keluar secara perlahan. Selain itu, masalah bronkitis juga akan berkurang, serta infeksi sinus dan alergi juga menghilang.

3. Mengatasi radang tenggorokan

Pada radang tenggorokan, berkumur dengan larutan air garam bisa membuat rasa tidak nyaman pada mulut terobati, walaupun hanya bisa untuk sementara waktu saja. Air garam bekerja menggunakan metode osmosis, yang terkonsentrasi pada jaringan yang meradang dengan menyerap semua kadar air dan membantu meredakan rasa sakit.

Baca juga :  Sejarah Pencak Silat di Indonesia ada Sejak Abad ke 7

Pertumbuhan bakteri ini juga akan berhenti karena kurangnya kelembapan, dan akhirnya mati. Setelah itu, Anda akan mengalami peradangan yang mereda dan rasa lega. Permasalahan laringitis, tonsilitis, dan masalah tenggorokan lainnya juga dapat diatasi dengan berkumur air garam.

4. Meringankan gingivitis

Gingivitis merupakan suatu kondisi yang ditandai dengan adanya pembengkakan, peradangan, dan perdarahan gusi. Penyebab Gingivitis adalah adanya pertumbuhan bakteri secara alami yang melapisi gigi.

Perkembangan bakteri atau kuman membentuk lapisan lengket dan keputihan, yang disebut plak. Berkumur dengan larutan air garam setiap hari dapat membantu mengobati gusi meradang, dan menghilangkan bakteri di gusi.

5. Mengatasi masalah di lidah.

Lapisan putih yang berbentuk pada bagian lidah dapat dihilangkan dengan cara kumur air garam. Bahkan, berkumur dengan menggunakan larutan air garam hangat dapat menyembuhkan luka bakar di lidah.

Ini karena air garam bisa membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan, perawatan harus dilakukan untuk menjaga kadar garam minimal, agar dapat menghindari sensasi terbakar.

Baca juga :  Wisata Alam Curug Gendang di Pandeglang Banten

Demikian pembahasan kita kali ini tentang manfaat dari berkumur dengan air garam, apabila ada pertanyaan perihal tulisan diatas maka dapat ditambahkan pada kolom komentar di bawah ini.


Like it? Share with your friends!

0
18 shares
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals