Manfaat Olahraga Sit Up yang Jarang Diketahui


Sit Up
photo by : musclemediaonline.com

Manfaat Olahraga Sit Up yang Jarang Diketahui. Sit up ialah salah satu olahraga yang cukup popular di kalangan laki-laki maupun perempuan. Gerakan sit up sebetulnya adalah gerakan yang dapat memperkuat otot perut kita. Tetapi sit up lebih menekankan ke otot punggung.

Walaupun jenis olahraga sit up ini banyak disukai, namun masih banyak orang yang enggan untuk melakukan olahraga ini, karena sering merasakan sakit serta kurang nyaman di bagian perut. Terutama pada bagian perut bawah dan juga bagian punggung.

Rasa sakit dan kurang nyaman yang dirasakan pada bagian perut bawah sebetulnya disebabkan oleh gerakan yang tergolong cukup cepat ketika melakukan sit up. Jika mengalami hal ini maka memang gerakan sit up kita ada yang kurang tepat atau mungkin posisi dari sit up-nya salah.

Melakukan sit up secara rutin akan sangat memberikan manfaat untuk tubuh kita. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari melakukan sit up bagi kesehatan tubuh kita, yang hasilnya akan kita dapatkan jika kita melakukannya secara rutin dengan gerakan yang tepat.

Baca juga :  Main dan Jogging di Hutan Kota Tebet

Menjaga Kestabilan Gerak Tubuh

Jika kita melakukan sit up secara kontinyu, maka sistem otot pada bagian perut kita akan menjadi lebih kuat. Selain itu sit up juga dapat menjadikan bagian perut, bahu, lengan, pinggul dan juga punggung kita menjadi lebih seimbang.

Jika gerakan sit up dilakukan tanpa menggunakan bantuan alat, maka otot perut kita akan lebih terlatih untuk dapat mengangkat beban tubuh kita.

Menjaga Keseimbangan Tubuh

Semua orang pasti pernah mengalami terjatuh. Namun jika kita sering terjatuh ketika sudah memasuki usia dewasa, maka ada sesuatu yang salah dengan keseimbangan tubuh kita. Tapi jangan khawatir akan hal tersebut, masalah keseimbangan pada tubuh kita dapat diatasi dengan cara melakukan sit up setiap hari secara rutin.

Selain menambah keseimbangan tubuh kita, sit up juga dapat memperkuat otot pinggul. Bukan hanya itu saja, sit up pun juga dapat membuat otot yang ada di bagian perut, lengan serta kaki menjadi lebih stabil sehingga tubuh kita menjadi lebih bugar dan juga lebih seimbang.

Baca juga :  Sisi Romantis Berperahu di Kalimas Surabaya

Menjaga Kesehatan Tubuh

Penyakit memang suatu hal yang amat menyulitkan untuk dapat melakukan berbagai macam aktivitas kita sehari-hari. Pada dasarnya menjaga kesehatan tubuh bukanlah sesuatu yang mahal, justru mengobati penyakit yang mahal harganya. Mulailah dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat seperti sayur dan juga buah.

Selain itu mengkonsumsi makanan yang sehat dan higienis sesuai kebutuhan nutrisi tubuh kita. Memperhatikan asupan jumlah gizi yang masuk kedalam tubuh kita, lakukan olahraga sederhana seperti sit up agar badan sehat dan memperlancar peredaran darah di daerah perut dan pinggul.

Kedua bagian tubuh ini sangat berperan penting bagi kesehatan tubuh seperti sistem pencernaan dan juga sistem imunitas.

Menjaga Sistem Metabolisme Tubuh Kita

Sistem metabolisme yang baik dalam tubuh sangatlah diperlukan. Sistem metabolisme ini berguna sebagai pengolah berbagai macam jenis zat asing yang masuk ke dalam tubuh kita, termasuk juga makanan yang kita konsumsi sehari-hari.

Sistem metabolisme melibatkan banyak jenis hormon termasuk diantaranya hormon pertumbuhan. Jika sistem metabolisme kita tidak stabil atau kurang bekerja dengan baik dan lancar. Maka ada sisa metabolisme yang berkumpul di organ bagian tertentu.

Baca juga :  Curug Cipeuteuy Melangkahi Jejak Prasejarah Situs Cibalay

Solusi untuk masalah ini ialah dengan melakukan sit up. Otot yang berada di bagian perut akan dapat terbentuk jika kita melakukan sit up secara rutin. Ketika seluruh otot perut kita bekerja secara aktif, maka tentunya pasokan oksigen di dalam pembuluh darah kita akan terpenuhi. Jika darah kita lancar maka tentu akan membantu metabolisme yang ada dalam tubuh.


Like it? Share with your friends!

17
42 shares, 17 points
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals