Memahami dan Mengenali Ilmu Geologi Serta Perannya


Memahami-dan-mengenal-ilmu geologi serta perannya

Kata Geologi sendiri diambil dari kata latin, gea berarti bumi, dan logos berarti ilmu. Ilmu Geologi bisa diartikan sebagai ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan pemahaman tentang bumi. Geologi merupakan ilmu yang mempelajari bumi sebagai obyek yang utama, yang sebagian besarnya berhubungan dengan bagian terluar dari bumi yaitu kerak bumi.

Ilmu Geologi ialah ilmu yang mempelajari bumi, seperti komposisinya, struktur, sifat-sifat fisik, sejarah, dan proses pembentukannya. Walaupun manusia selalu saja merasa penasaran akan dunia di sekitar mereka dan bagaimana bumi itu dibentuk.

Geologi dapat digolongkan sebagai suatu ilmu pengetahuan yang cukup kompleks, mempunyai pembahasan materi yang beraneka ragam namun juga merupakan suatu bidang ilmu pengetahuan yang menarik untuk dipelajari. Ilmu ini mempelajari mulai dari benda-benda sekecil atom hingga ukuran besar seperti benua, samudera, cekungan dan rangkaian pegunungan.

Jurusan Ilmu Geologi baru dijadikan sebuah bidang studi yang berdiri sendiri belakangan ini. Pada tahun 1950 dan 1960, sekolah-sekolah geologi di New York dan Pensylvania yang berada di negara Amerika Serikat mulai mengajarkan mata pelajaran seperti Meteorologi, Ilmu Antariksa, Geologi dan juga Geografi.

Baca juga :  Main dan Jogging di Hutan Kota Tebet

Dari tahun ke tahun, peran ilmu Geologi semakin penting dan juga semakin populer di kalangan mahasiswa. Geologi memberikan solusi bagi masalah-masalah bumi seperti sumber daya yang terus berkurang.

Dengan jumlah populasi mahluk hidup yang terus meningkat dan sumber daya alam yang terbatas, keahlian sebagai Geolog semakin banyak dibutuhkan oleh masyarakat jaman sekarang. Para Geolog diharapkan bisa terus berinovasi demi menjaga kelangsungan hidup mahluk-mahluk di Bumi.

Geologi meliputi studi tentang mineral, batuan, dan juga fosil tidak hanya sebagai obyek, tetapi menyangkut penjelasan tentang sejarah proses pembentukannya. Geologi juga mempelajari dan menjelaskan gambaran fisik serta proses yang berlangsung dipermukaan dan dibawah permukaan bumi, pada saat sekarang dan juga pada masa lalu.

Bagaimana ? apakah tertarik untuk mempelajari ilmu Geologi lebih jauh ? jika tertarik silahkan menuliskan pada kolom komentar.


Like it? Share with your friends!

8
38 shares, 8 points
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals