Memanjakan Mata di Taman Anggrek Ragunan


Memanjakan Mata di Taman Anggrek Ragunan 1

Beraktivitas dalam keseharian menjadikan tubuh dan pikiran sangatlah lelah. Apalagi bila kita bekerja di kota besar seperti Jakarta, pastinya hal tersebut akan sangatlah membosankan. Bukan hanya aktivitas bekerja, akan tetapi juga karena jalan yang macet kerap menjadi langganan di Ibukota Jakarta.

Maka dari itu, menjaga kesehatan amatlah penting agar menjadikan pikiran dan juga fisik supaya bisa refresh kembali di setiap harinya. Salah satunya ialah dengan cara jalan-jalan santai, misalnya saja ke pergi ke Taman Anggrek Ragunan yang cukup dikenal.

Di ujung selatan Jakarta, terdapat sebuah lokasi bursa penjualan tanaman yang disebut sebagai Taman Anggrek Ragunan. Lokasinya tidak terlalu jauh dari pintu gerbang masuk utara Kebun Binatang Ragunan.

Letaknya yang cukup dekat dengan Kebun Binatang Ragunan, membuat tempat ini sering disinggahi oleh para pengunjung sepulangnya dari kebun binatang. Serunya, masuk ke dalam kawasan ini tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis, hanya perlu membayar biaya parkir untuk pengunjung yang membawa kendaraan roda dua ataupun roda empat.

Baca juga :  Yuk Jalan Jalan ke Situ Gunung Sukabumi Jawa Barat
Taman Bunga Anggrek di Ragunan Jakarta Selatan
Taman Bunga Anggrek di Ragunan Jakarta Selatan

Taman Anggrek Ragunan memiliki luas kurang lebih sekitar 5 ha, yang terbagi menjadi 42 kavling koleksi tanaman. Kavling-kavling ini disewakan kepada para petani dan pedagang tanaman anggrek dengan luas masing-masing antara 800 hingg 1000 meter persegi.

Letak kavlingnya berjejer rapi disebelah kanan maupun kiri jalan utama. Tata letaknya sangat memudahkan para pengunjung untuk melihat berbagai koleksi yang ada di setiap kavling tanpa harus terlewatinya.

Taman Anggrek Ragunan merupakan salah satu tempat yang wajib dikunjungi penggila tanaman anggrek. Sebab ditempat ini bisa dikatakan satu-satunya kebun anggrek publik yang berada di pusat kota Jakarta.

Ragam jenis tanaman Anggrek dan Tanaman Lain di Taman Anggrek Ragunan
Ragam jenis tanaman Anggrek dan Tanaman Lain di Taman Anggrek Ragunan

Koleksi anggrek di sini cukuplah beragam, mulai dari Phalaenopsis, Vanda, Dendrobium, Oncidium dan Cattleya.

Warna-warni Bunga Anggrek memang sangatlah menarik. Di taman ini terdapat kavling yang dimiliki oleh beberapa pedagang yang berbeda. Jenis anggrek dan tanaman lain yang dijual pun beraneka ragam.

Jadi kita dapat memasuki kavling satu persatu serta melihat aneka macam anggrek dan tanaman hias lain yang ada disana. Harga yang ditawarkan pun tergolong tidak terlalu mahal.

Baca juga :  Berfoto Selfie di Kebun Bunga Matahari Bantul

Harga bunga anggrek di Taman Anggrek Ragunan relatif lebih murah bila dibandingkan dengan tempat lainnya. Menurut pengakuan salah seorang pedagang, banyak penjual anggrek disekitar Jakarta yang mengambil barang dari tempat ini.

Membeli Bunga Anggrek di Taman Anggrek Ragunan
Dapat juga membeli tanaman Anggrek di sini

Potongan harga bisa didapatkan apabila pengunjung membeli dalam jumlah yang banyak.

Biasanya pembeli dalam jumlah banyak adalah seorang pedagang anggrek juga dari tempat lain. Para pedagang tersebut bahkan ada yang datang sengaja membawa truk pribadi untuk angkutannya.

Anggrek adalah tanaman hobi yang harganya relatif cukup stabil. Jarang terjadi peningkatan ataupun penurunan harga yang cukup drastis. Tidak seperti kebanyakan komoditas tanaman hias lainnya. Dalam waktu tertentu atau sedang hits harganya bisa selangit.

Contohnya, pada tanaman hias jenis Anthurium atau Adenium yang pernah tembus mencapai harga hingga jutaan rupiah untuk satu tanaman saja.

Bagi para penggemar tanaman khas negera tropis ini, Taman Anggrek Ragunan tentunya sudah menjadi salah satu tempat langganan untuk mereka demi mendapatkan berbagai varian anggrek sebagai penghias taman di rumahnya.


Like it? Share with your friends!

23
40 shares, 23 points
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals