Mendaki Gunung Gede


Mendaki Gunung Gede 1

Rutinitas Sering kali membuat jenuh, bahkan bisa menyebahkan stres dan yang lebih parah ada yang sampai nekat bunuh diri, duh jangan sampe gitu ya, sesekali sempetin pergi liburan, traveling atau sekedar melancong ke pantai atau gunung, nah kali ini saya berkesempatan mengunjungi gunung Gede Pangrango. Gunung yang terletak di tigawilayah kabupaten Bogor, Cianjur dan Sukabumi,  memang cocok untuk menyalurkan hobi mendaki gunung dan untuk kamu yang menyukai alam terbuka serta berpetualang. Gunung dengan ketinggian 2958 mdpl, untuk pemula sangat tepat dipilih untuk tujuan mendaki dengan waktu liburan yang mepet, karena letaknya juga tidak terlalu jauh dari ibu kota atau yang di sekitar Jabodetabek atau Jawa Barat khususnya, karna akses transportasi ke sana sudah gampang di tempuh.

Jalur pendakian Gunung Gede ( Doc. Dbob )
Jalur pendakian Gunung Gede ( Doc. Dbob )

Dalam mendaki semua kekompakan team merupakan modal atau pondasi yang sangat penting. Jangan merasa sok hebat, sok kuat bukan adu cepat siapa yang pertama sampai di puncak tak kan lari gunung di kejar, santai saja nikmati setap jejak langkah yang kita tapaki setapak demi setapak, lihat sekitar keindahan yang jarang kita lihat di tengah kesibukan, bukankah salah satu alasan mendaki untuk menikmati alam dan menghilangkan penat.

Baca juga :  4 Faktor Kebugaran Jasmani yang Perlu Diketahui

Jangan juga meninggalkan teman terlalu jauh, kondisi fisik para pendaki berbeda-beda. Selain fisik. Pendaki juga harus menyiapkan mental dan peralatan selama pendakian, karena cuaca di gunung sering berubah. Di alam terbuka jangan pernah neko-neko dan takabur, kadang di gunung bukan hanya pendaki yang ada ditempat itu.

Ranger di setiap basecamp menyampaikan sebelum memulai pendakian

  • Jangan mengambil sesuatu kecuali gambar
  • Jangan meninggalkan sesuatu kecuali jejak
  • Jangan membunuh sesuatu kecuali waktu

Setelah selesai mendaki, sampah yang dibawa dibiasakan dibawa turun kembali. Menjaga gunung tetap bersih dari sampah adalah tanggung jawab semua, khususnya para pendaki.

Jalur pendakian gunung Gede Pangrango bisa melalui  Cibodas, gunung Putri dan Salabintana, karna saya pemula jadi kami mengambil jalur pendakian melalui gunung Putri dan berencana turun lintas melewati Cibodas, karna untuk jalur Salabintana dan Cibodas lumayan menguras tenaga takutnya saya dan rekan rekan yang lain tak sangup mencapai puncak gede.

Perjalanan dari base came hingga ke alun-alun surya kencana membutuhkan waktu kurang lebih 7-9 jam sudah termasuk lamanya istirahat dan juga tergantung fisik masing-masing anggota tim, lama yak. Tenang jangan khwatir saat kamu sampai ke alun-alun surya kencana semua lelah itu hilang entah kenapa tiba-tiba semua tenaga dan energi kembali terkumpul secara seketika melihat hamparan padang luas edelweis, lamaya waktu dan keluh kesah saat dijalur pendakian dibayar tuntas lunas dan di beri bonus pemandangan yang menajubkan, untuk lebih jelasnya dan mersakan apa yang saya rasakan, coba datang dan mendaki sendiri.

Baca juga :  Keindahan Danau Tonjong Memanjakan Mata
Edelweis ( Doc. Dbob )
Edelweis ( Doc. Dbob )

Katanya dulu nih, sepanjang alun – alun surya kencana penuh edelweis, hamparan edelweis bagaikan oasis di tengah gurun, menyejukan mata, melepaskan dahaga, bahkan di jalur setapak pejalan kaki kita bisa bersentuhan langusng dengan sang bunga abadi, namun dulu pernah ada kebakaran besar di alun alun surya kecana yang mengakibatkan banyaknya edelweis yang menjadi korban lahapnya si jago merah. Ditambah lagi sekarang tangan tangan jahil para pendaki yang tak bertanggung jawab membawa bunga sebagai kenang – kenangan.

Jika kamu tak bisa merawatnya, setidaknya tak usah merusaknya. Jangan karna ego kamu yang  sedikit,bisa merugikan semua para penikmat alam, bayangkan jika suatu saat nanti sekitar puluhan tahun lagi kamu berkesempatan kesana lagi untuk mengulang kenanganmu dan tak menjumpai satu pun edelweis apa yang kamu rasakan kawan? sedihkan? Atau kamu malah biasa-biasa saja, dan tertawa riang?. Jika opsi yang terakhir yang kamu rasakan maka kamu tak berhak untuk menikmati dan mendaki lagi kawan, jika kamu hanya bisa merusak dan menjarah apa yang seharusnya kamu jaga dan lestarikan.

Baca juga :  Mengenal Ciri dan Jenis Kain Katun
Edelweis ( Doc. Dbob )
Edelweis ( Doc. Dbob )

Bunga yang biasanya tumbuh diantara ketinggian 2000 Mdpl cukup di pandang, dan disentuh tanpa dipetik bahkan dimiliki, itu pelanggaran keras kawan. Karna ulah manusia jga bunga ini di kategorikan bunga langka dan di atur dalam UU No 5 tahun 1990 tentang konservasi sumber daya Hayati Ekosistem Pasal 33 ayat 1 yang berbunyi “Setiap orang dilarang melakukan kegiatan yang dapat mengakibatkan perubahan terhadap keutuhan zona inti taman nasional” dan kalau pun kau berminat, sekarang sudah ada para petani yang membudidayakan tanaman ini dengan harga yang relatif terjangkau.


Like it? Share with your friends!

17
10 shares, 17 points
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals