Objek Wisata Ranu Kumbolo Gunung Bromo


Objek Wisata Ranu Kumbolo Gunung Bromo
Objek Wisata Ranu Kumbolo Gunung Bromo

Ranu Kumbolo ialah sebuah danau gunung yang ada di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Letak posisinya di Pegunungan Tengger, di kaki Gunung Semeru. Luasnya mencapai 15 hektare. Ranu Kumbolo merupakan salah satu bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Pada pagi hari, kita bisa melihat pemandangan matahari terbit yang berada di antara dua buah bukit yang mengelilingi Ranu Kumbolo. Sedangkan dimalam harinya, ada pemandangan gugusan bintang yang sinarnya sangat indah. Setiap saat selalu ada pemandangan yang memesona di Ranu Kumbolo.

Di Ranu Kumbolo terdapat tempat juga perkemahan. Tempat ini merupakan salah satu titik berangkat untuk mulai mendaki Gunung Semeru. Ranu Kumbolo sangatlah bagus untuk di kunjungi.

Objek Wisata Ranu Kumbolo Gunung Bromo 3
Perkemahan di Ranu Kumbolo Gunung Bromo

Di masyarakat setempat dipercaya kalau air danau Ranu Kumbolo ialah air yang suci. Hingga saat inipun air danau Ranu Kumbolo kerap digunakan sebagai ritual suci keagamaan masyarakat setempat. Oleh karena itu maka para pendaki dilarang untuk mandi, mencuci, hingga buang air ke danau. Kegiatan yang dilakukanpun pada sekitar Ranu Kumbolo juga harus dilakukan dengan jarak 10 meter dari tepi danau.

Baca juga :  Tips Backpacker Yogyakarta Tanpa Menguras kantong
Objek Wisata Ranu Kumbolo Gunung Bromo 2
Objek Wisata Ranu Kumbolo Gunung Bromo

Pada sebelah barat Ranu Kumbolo, ada sebuah tanjakan di bukit yang mengarah langsung ke puncak gunung. Tanjakan ini menyimpan sebuah mitos yang menarik yaitu siapa pun yang terus berjalan naik sambil memikirkan pasangannya tanpa harus melihat ke belakang, maka akan mendapatkan sebuah akhir cinta yang bahagia.


Like it? Share with your friends!

59
56 shares, 59 points
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals