Pantai Jogan Yogyakarta Sebagai Pantai Tersembunyi


Pantai-Jogan-Pesisir-Selatan-Yogyakarta

Pantai Jogan Yogyakarta. Tidak cuma kaya akan budaya dan sejarah, ternyata Jogja juga banyak menyimpan pantai yang memiliki pemandangan sangat eksotis. Belum cukup banyak traveler atau wisatawan yang mengetahui tempat ini sebab letak pantainya yang cukup tersembunyi, salah satunya di kawasan Gunungkidul.

Bisa dikatakan, Gunungkidul merupakan pesona wisata baru di Daerah Istimewa Yogyakarta. Salah satu kabupaten di wilayah Yogyakarta ini banyak sekali menyuguhkan wisata panorama alam yang sangat aduhai indahnya.

Beberapa diantaranya ada yang cukup unik. Seperti wisata alam Pantai Jogan, yang memberikan pemandangan alam tebing tinggi dan air terjun yang mengarah ke laut lepas.

Air terjun di bibir laut adalah sesuatu yang amat langka ditemui di Indonesia, bahkan didunia sekalipun. Tersembunyi di balik sebuah perbukitan karst, Gunungkidul di selatan Yogyakarta ternyata menyimpan pemandangan air terjun yang jatuh langsung ke bibir laut. Sebuah pesona yang sulit ditolak.

Diapit oleh tebing-tebing yang tinggi khas pegunungan kapur, Pantai Jogan bagai peraduan, tempat air sungai yang turun gunung menemui sang ombak pulang melaut. Dari puluhan pantai yang berada di sepanjang 71 kilometer pesisir Gunungkidul, Pantai Jogan menempati posisi cukup istimewa.

Baca juga :  Manfaat Olahraga Sit Up yang Jarang Diketahui

Hal ini karena memiliki keunikan adanya air terjun yang langsung jatuh dari atas tebing kearah bibir laut. Selama ini, tak banyak para wisatawan yang mengetahui destinasi wisata Pantai Jogan. Lokasinya yang tepat persis berada di sebelah barat Pantai Siung.

Untuk mencapai kawasan Pantai Jogan, Lokasinya berjarak sekitar kurang lebih 74 km dari Pusat kota Yogyakarta, dibutuhkan waktu 2 jam berkendaraan  melewati jalur Wonosari. Pantai Jogan berlokasi di  Dusun Duwet, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Jika wisatawan sudah sampai di Pos Retribusi Pantai Siung, artinya Pantai Jogan sudah dekat, karena jaraknya sekitar 400 meter dari pos tersebut, akan terlihat papan kayu bertuliskan penunjuk arah menuju Pantai Jogan.

Sesampainya disana, jalan setapak menjadi bagian pemandu selanjutnya, mengantar wisatawan dengan didampingi oleh dua sungai kecil di sisi kiri yang nantinya akan menjadi satu kemudian menjelma menjadi air terjun.

Yang disayangkan sekali, keelokan pantai ini hanya bisa disaksikan pada saat musim penghujan, sementara di musim kemarau debit air sangatlah kecil ditambah dengan aktivitas penyedotan air demi keperluan rutinitas warga setempat.

Baca juga :  Berfoto Selfie di Kebun Bunga Matahari Bantul
Sunset di Pantai Jogan Yogyakarta
Sunset di Pantai Jogan Yogyakarta

Menikmati pantai beserta pemandangan indah di sekitarnya akan terasa lebih nyaman ketika suasana yang tak terlalu ramai. Oleh karena itu, ada baiknya jika wisatawan yang hendak datang ke Pantai Jogan di hari kerja atau low season.

Selain bisa lebih leluasa menikmati air terjun, wisatawan pun tak akan mendapati orang yang berlalu lalang di belakang ketika ingin mengabadikan momen bersama pemandangan pantai Jogan.

Adapun momen yang dirasa sangat tepat untuk menikmati keindahan air terjun di Pantai Jogan adalah di akhir musim hujan, yaitu sekitar bulan April hingga Juni. Ketika akhir musim hujan, debit air yang mengalir di tebing juga semakin deras, sehingga para wisatawan akan lebih puas menikmati air derasnya dorongan yang jatuh menghantam tubuh.

Pantai Jogan tidak memiliki garis pantai sepanjang pantai seperti yang lainnya. Para wisatawan juga tak dapat bermain pasir karena di bagian bawah pantai ini langsung berbatasan dengan laut lepas. Pantai ini sangat tepat bagi wisatawan yang ingin merasakan sebuah sensasi yang berbeda dari pesona alam pesisir selatan Jogjakarta.

Baca juga :  Pesona Tanjung Lesung Surga yang Tersembunyi

Bagi wisatawan yang ingin menyepi dari kebisingan bisa naik ke atas bukit sambil bisa menikmati keindahan lanskap pantai. Angin yang cukup kencang berhembus ditemani suara-suara hewan menjadi hiburan tersendiri. Pantai Jogan seperti halnya mengajarkan jika hiburan tak selamanya datang dari tempat yang riuh.


Like it? Share with your friends!

15
13 shares, 15 points
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals