Penyebab Ban Pecah dan Cara Menanganinya


Penyebab ban pecah dan cara menanganinya

Selain karena mengantuk ketika berkendara, salah satu penyebab kecelakaan mobil terbesar di jalanan adalah akibat ban mobil yang pecah. Dampak pada pengendalian mobil bisa sangat parah, terlebih lagi jika ban mobil pecah secara tiba-tiba saat sedang dalam kondisi melaju dengan kecepatan yang tinggi serta pengemudi pun panik.

Ban mobil pecah bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Seperti kurangnya tekanan angin ban atau kempis bukan karena kelebihan tekanan. Kurangnya tekanan ban dapat menyebabkan struktur dinding ban yang terdiri dari kawat baja melemah dan tidak maksimal menopang bobot beban kendaraan.

Secara terus-menerus dipaksakan untuk dikendarai pada kecepatan dan jumlah beban tertentu, rajutan kawat baja ban yang menjaga bentuk ban akan rusak hingga sobek.

Penyebab lainnya adalah kesalahan saat pemasangan ban, tapak ban yang telah tipis, serta permukaan atau dinding ban terkena benda yang tajam seperti batu atau permukaan jalan rusak. Walau kondisi ban masih terlihat sangat layak, akan tetapi jika kendaraan melaju dengan kecepatan cukup tinggi, maka benda tajam di jalan bisa merusak permukaan ban hingga ke struktur ban. Karena kondisi permukaan ban sudah terluka, mengakibatkan ban bisa pecah tiba-tiba.

Baca juga :  6 Cara Merawat Aki Mobil atau Motor Agar Awet

Jadi sangat diremondasikan, untuk melakukan pengecekan kondisi ban kendaraan secara berkala untuk memastikan bahwa tekanan ban selalu terjaga sesuai rekomendasi pabrikan. Sekaligus memantau jika terdapat kerusakan pada permukaan ban.

Nah, ketika sedang berkendaran lalu kemudian ban mobil pecah, apa yang harus dilakukan oleh pengemudi? Karena sangat mengagetkan, mayoritas dari pengemudi pun melakukan kesalahan dalam mengambil langkah pada kondisi seperti ini.

Baik karena suara ban pecah atau setir yang secara tiba-tiba tertarik ke salah satu sisi dan mobil menjadi oleng. Terlebih lagi bagi pengemudi yang tidak cukup sigap karena sedang lelah atau sambil melakukan hal lain seperti menggunakan telepon seluler atau mungkin sedang mengatur audio mobil.

Kondisi ban mobil pecah sewaktu-waktu dapat dihadapi beberapa langkah. Tapi yang paling penting ialah sang pengemudi jangan mudah panik. Dengan kondisi tegang, driver cenderung melakukan tindakan yang fatal. Seperti berusaha untuk menginjak pedal rem secepat-cepatnya atau membanting setir secara spontan karena kaget.

Sementara dengan tidak paniknya si pengemudi, tentu otak dapat berpikir lebih jernih dalam mengambil tindakan di situasi mencekam.

Baca juga :  Mengenali Gejala dan Solusi Fuel Pump Rusak

Langkah yang dapat dilakukan oleh pengemudi adalah memegang setir dengan amat kuat sambil mengarahkan mobil tetap berjalan secara lurus. Gerak setir yang mendadak berubah dikarenakan ban depan yang pecah. Ketika salah satu ban depan pecah maka membuat ban terasa seperti menarik ke sisi ban yang pecah tersebut.

Inilah yang perlu dijaga oleh sang driver agar kendaraan tidak keluar pada jalurnya. Sedangkan bila ban belakang yang mengalami pecah, gerakan pada setir kendaraan maupun keseimbangan body mobil tidak terlalu banyak, sehingga dapat lebih mudah untuk dikendalikan.

Hal itu bisa dibarengi bersamaan dengan pemindahan tuas gigi transmisi ke lebih rendah dan dilakukan secara bertahap untuk mobil transmisi manual. Sehingga deselerasi terjadi secara perlahan dan tidak banyak gerakan tambahan terhadap bodi kendaraan.

Ketika kecepatan kendaraan telah cukup pelan, si pengemudi dapat dengan mudah mengarahkan kendaraannya ke bahu jalan. Yang wajib diingat adalah hindari melakukan gerakan yang mendadak serta memperhatikan bila terdapat kendaraan lain di sekitar mobil, yang sangat perlu untuk diantisipasi.

Baca juga :  Penyebab Knalpot Motor Nembak dan Cara Mengatasinya

Dengan kecepatan yang sudah cukup rendah, pengemudi juga dapat menginjak pedal rem.

Sekilas itu saja yang dapat disampaikan sebagai pengingat pentingnya memeriksa ban kendaraan ketika hendak bepergian, apabila ada pertanyaan dapat ditambahkan pada kolom komentar.


Like it? Share with your friends!

9
32 shares, 9 points
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals