9 Penyebab Ubanan Pada Rambut di Usia Muda


9 Penyebab Ubanan pada Rambut di usia muda

Penyebab ubanan pada rambut diusia mudah mungkin jarang diketahui oleh sebagian orang. Tetapi sebagian penyebab ubanan dikarenakan pola hidup kita yang kurang sehat. Hal ini tentu menjadi perhatian khusus bagi kalian yang mungkin tidak suka akan munculnya uban di rambut kalian. Apalagi kalian masih di usia yang cukup muda.

Kebanyakan orang terutama wanita tidak suka dengan munculnya uban karena merasa mengganggu penampilan sehingga tidak jarang mereka mengecat rambut untuk menutupi uban pada rambut.

Berikut penyebab ubanan pada rambut di usia muda maupun tua.

1. Kebiasaan merokok

Penyebab ubanan yang pertama adalah kebiasaan merokok. Selain dapat menimbulkan berbagai macam penyakit mulai dari penyakit jantung, impoten hingga bisa menyebabkan kanker. Rokok juga bisa berdampak negatif pada rambut. Pada saat kalian merokok, kita sama saja sedang memasukkan racun radikal bebas dengan sengaja ke dalam tubuh.

Racun-racun inilah yang akan menurunkan produksi melanin yang membuat uban menjadi lebih cepat muncul. Bukan hanya perokok aktif saja, bahkan perokok pasif pun bisa terkena dampak negatif tersebut lho.

Baca juga :  9 Cara Efektif Membakar Lemak Tubuh

2. Keseimbangan hormon

Penyebab uban tumbuh lainnya adalah Hormon yang tak seimbang. Hormon tak seimbang dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti gangguan tiroid, hamil, dan lain sebagainya. Bermacam faktor tersebut akan membuat produksi hormon tidak menentu dan mengalami ketidakseimbangan. Akibatnya, produksi melanin terganggu sehingga menjadi penyebab ubanan pada rambut di usia muda.

3. Menopause dini

Menopause merupakan gejala berhentinya menstruasi yang umum terjadi pada wanita. Jika menopause terjadi di usia dini, akan menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang membuat rambut beruban pada usia dini. Ini disebabkan produksi melanin yang menurun sehingga menjadi penyebab ubanan pada rambut.

4. Diet tidak tepat

Untuk kalian yang mendambakan mempunyai bentuk tubuh yang ideal sehingga melakukan diet yang terbilang ekstrim, sebaiknya harus dipertimbangkan baik-baik dulu deh. Karena penyebab lain munculnya uban di usia dini adalah penerapan diet yang tidak seimbang.

Ketika tubuh tidak mendapatkan suplai vitamin dan mineral yang tepat, maka fungsi tubuh tidak berjalan dengan baik. Selain mengakibatkan masalah kesehatan juga dapat menjadi penyebab tumbuh uban.

Baca juga :  5 Terapi Stroke Ringan yang Jarang Diketahui

5. Pengaruh dari genetik

Faktor genetik bisa saja menjadi penyebab timbulnya uban di usia 20an. Jika mengalami hal demikian, ada baiknya untuk bertanya mengenai riwayat didalam keluarga. Bila sudah menyadari keadaan seperti ini, sebaiknya kalian bisa melakukan berbagai macam perawatan serta pencegahan demi menghindari semakin banyaknya uban yang muncul di usia 20an.

6. Faktor psikologis

Biasanya faktor psikologis sangat erat berhubungan dengan rasa stres, khawatir, sedih, serta gelisah yang kamu alami. Segala macam guncangan batin tersebut dapat mengurangi jumlah sel-sel melanin. Akibat yang muncul karena sel – sel melamin yang berkurang adalah penyebab ubanan yang cukup tinggi.

7. Hair dryer dan catok rambut

Buat kamu yang suka menggunakan alat-alat seperti hair dryer dan catok rambut, mulai sekarang jangan terlalu sering menggunakannya. Karena hal tersebut dapat membuat batang rambut menjadi lebih lemah. Panas yang dihasilkannya pun dapat mempengaruhi produksi melanin di rambut. Ketika produksi melanin di rambut terganggu maka hal tersebut dapat menjadi penyebab ubanan di usia muda.

Baca juga :  Manfaat Berkumur dengan Air Garam

8. Jarang keramas

Rambut dan kulit kepala yang kotor atau jarang dicuci akan membuat bakteri serta kuman lebih cepat berkembang. Akibatnya, rambut menjadi tempat dari berbagai organisme sehingga membuat kulit kepala serta rambut menjadi gatal dan tidak sehat. Ini yang akan membuat produksi melanin juga menurun yang menimbulkan uban pada rambut. Jadi, masih tetap malas cuci rambut gak nih?

9. Junk food

Selain berdampak negatif untuk tubuh kita, makanan cepat saji juga bisa berpengaruh pada rambut. Ini karena makanan cepat saji bersifat karsinogenik serta bersifat racun, zat racun karsinogenik inilah yang bisa menghambat serta menurunkan produksi melanin. Oleh sebab itu, junk food dapat menjadi penyebab uban tumbuh pada rambut kita diusia muda.


Like it? Share with your friends!

0
4 shares
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals