Tips Aman Membeli Sepeda Motor Bodong


Tips aman membeli sepeda motor bodong

Jaman semakin canggih, jual beli otomotif online semakin menggeliat. Pada pembahasan kali ini adalah motor yang hanya di jual dengan kelengkapan surat STNK saja tanpa BPKB alias STNK Only kalau bahasa kerennya. Banyak forum jual beli di facebook yang bertransaksi motor yang suratnya hanya di lengkapi dengan STNK saja.

Sebenarnya bertransaksi motor yang tidak lengkap surat menyuratnya adalah bahaya besar. Karena identitas motor tidak jelas. Karena sudah banyak kasus bagi mereka yang membeli motor STNK saja tidak dapat memperpanjang pajak dan bahayanya lagi motor tersebut masih motor kreditan.

Memang motor yang hanya di lengkapi dengan surat STNK saja lebih murah jika di bandingkan motor yang lengkap. Namun ada beberapa resiko yang harus anda tanggung jika anda tidak cermat dalam membeli motor yang hanya di lengkapi STNK saja.

Namun adakah cara aman jika anda memiliki dana kurang untuk membeli motor STNK saja dan tanpa BPKB. Yup, ada beberapa tips jitu agar kamu tidak terjebak dengan masalah hukum jika membeli motor STNK saja.

Baca juga :  Komponen dan Fungsi Sistem Pendingin Mesin Mobil

1. Tips Pertama

Jika kamu naksir sama sebuah sepeda motor, dan motor yang kamu taksir tersebut suratnya hanya sebelah saja alias STNK saja. Pastikan kamu bertanya secara detil pada pemiliknya. Tanyakan kronologi motor tersebut mengapa BPKBnya tidak ada. Jika alasan BPKBnya hilang atau lupa sewaktu pindahan rumah itu hanya alasan yang di buat-buat saja.

Usahakan kamu memiliki surat kehilangan BPKB dari kepolisian yang di urus sama pemilik sebelumnya. Karena jika ada surat kehilangan BPKB, pastinya BPKB akan bisa di urus di polres setempat.

Lain halnya jika pemilik motor berkelit dan tidak memiliki surat kehilangan BPKB motor yang akan kamu beli tersebut, lebih baik urungkan niat kamu untuk membeli motor tersebut. Karena akan susah ke depannya, jika kamu ingin membalik nama, maka tidak akan bisa di lakukan karena BPKBnya tidak ada.

2.Tips Kedua

Tips kedua agar aman untuk membeli motor STNK only, biasanya motor yang tidak memiliki BPKB masih dalam proses kredit. Alias BPKB nya di lising. Atau motor baru turun dari dealer langsung di jual begitu saja.

Baca juga :  Cara Mengatasi Mobil Brebet Saat Di Gas. Patut dicoba.

Maka dari itu, sebelum kamu membeli motor STNK only, sebaiknya kamu cek dulu ke beberapa lising yang terkenal di kotamu. Pastikan plat nomor kendaraan tersebut tidak ada tunggakan hutang di lising. Jika ada tunggakan hutang di lising, urungkan niat kamu untuk membeli motor tersebut. Karena kamu dapat di jerat hukum sebagai penadah.

Info Penting

Jika anda pemula dan belum tahu dunia jual beli motor tidak lengkap, sebaiknya lebih teliti lagi. Karena pada dasarnya hukum di indonesia melarang keras bagi siapapun bertransaksi kendaraan bermotor tanpa surat-surat yang lengkap.

Namun jika anda terpaksa membeli motor dengan surat tidak lengkap, pastikan ada surat keterangan berupa kehilangan dari kepolisian. Agar surat menyurat bisa di urus lagi seperti sedia kala.

Nah, mungkin cukup segitu saja sharing kita pada kesempatan kali ini mengenaiĀ Tips Membeli Motor STNK Only Agar Aman, semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda semua.


Like it? Share with your friends!

7
21 shares, 7 points
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals