Tips Membeli Mobil Bekas atau Second


Tips Membeli Mobil Bekas
photo by unsplash.com

Mobil merupakan sebuah kendaraan yang kini sudah menjadi kebutuhan bagi banyak orang untuk bepergian hingga menjalankan bisnis. Salah satu faktor penyebabnya ialah layanan transportasi masal di Indonesia yang masih jauh dari kata nyaman memang membuat banyak orang berfikir untuk membeli kendaraan pribadi sebagai sarana kegiatannya sehari-hari.

Sayangnya tidak semua orang dapat membeli kendaraan roda empat yang diinginkan. Harga mobil baru saat ini masih tergolong cukup tinggi dan membuat keuangan setiap orang tidak memiliki tabungan yang cukup untuk membelinya.

Namun lain halnya bagi mereka yang memang sangat mendambakan mempunyai sebuah kendaraan, mereka dapat mensiasati masalah keuangan ini dengan cara mencari dan membeli mobil bekas.

Kenyataannya adalah tidak sedikit dari kebanyakan orang yang kecewa setelah membeli kendaraan bekas. Banyak orang tergoda dengan iming-iming harga yang murah karena ternyata mobil yang telah dibelinya tidak dalam kondisi cukup prima. Lalu bagaimana caranya agar tidak kecewa saat membeli kendaraan bekas?

Bukan hal yang mudah untuk membeli mobil bekas yang berkualitas. Apalagi saat ini banyak sekali cara untuk mengubah mobil bekas berkualitas buruk menjadi nampak bagus. Mulai dari mobil yang dijual namun bekas banjir, bekas tabrakan, hingga dokumen-dokumen ternyata aspal (asli/palsu).

Baca juga :  Nikmatnya Ketoprak Bang Abeng

Dan pada kenyataannya, banyak pembeli yang akhirnya kecewa padahal mereka telah mengeluarkan biaya dengan jumlah yang tidak sedikit.

Berikut adalah tips mudah dalam memilih mobil bekas ketika akan kita beli.

1. Cek atau periksa performa Mesin

Hal pertama yang umum dilakukan oleh kebanyakan calon pembeli kendaraan bekas, baik itu kendaraan roda dua ataupun roda empat. Bukan hanya terlihat normal pada saat dinyalakan, namun yang musti diperhatikan adalah keaslian dari setiap komponen atau sparepart juga wajib diperhatikan.

2. Perhatikan nomor mesin kendaraan

Selanjutnya ialah memperhatikan nomor mesin dan rangka kendaraan, dapat di cocokan dengan surat-surat kendaraannya.

3. Montir pribadi

Akan lebih memantapkan diri jika kita membawa montir kepercayaan untuk memeriksakan kondisi mesin dan kelistrikan pada kendaraan.

4. Interior dan body kendaraan

Mengamati secara seksama apakah kendaraan sudah pernah mengalami kecelakaan atau pernah dilakukan penggantian komponen.

Teliti terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli kendaraan bekas adalah hal yang wajib dilakukan oleh semua orang. Dengan menerapkan beberapa tips di atas maka pembelian mobil bekas pun menjadi lebih menguntungkan.


Like it? Share with your friends!

15
44 shares, 15 points
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals