Wayang Kulit Jawa Tetap Eksis di Jaman Digital


Wayang-Kulit-Jawa-2
Pengrajin Wayang Kulit di Dusun Gendeng

Wayang Kulit Jawa Tetap Eksis di Jaman Digital. Wayang kulit adalah salah satu kebudayaan Adat Jawa yang hingga saat ini keberadaanya masih terus eksis. Masih eksisnya wayang kulit sampai saat ini tidak hanya dikarenakan keberadaan para Dalang yang selalu setia menampilkan pertunjukan seni yang syarat nilai tersebut, akan tetapi juga para pengrajin/pembuat yang masih terus aktif berkarya dalam pembuatan wayang kulit ini.

Pengrajin Wayang Kulit di Dusun Gendeng
Pengrajin Wayang Kulit di Dusun Gendeng

Didaerah selatan pusat kota Yogyakarta, terdapat sebuah pusat kerajinan wayang kulit, lokasinya di Dusun Gendeng, Desa Bangunjiwo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kurang lebih saat ini ada sekitar 25 orang pembuat wayang kulit yang masih aktif di Gendeng. Gendeng memang sudah sejak lama dikenal sebagai penghasil wayang kulit yang berkualitas.

Wayang Kulit Jawa
Wayang Kulit Jawa

Hingga saat ini mereka masih mempertahankan tata cara pembuatan karya seni wayang kulit sesuai dengan apa yang mereka pelajari dari para pendahulunya.

Memang dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk membuat sebuah wayang kulit berkualitas. Rata-rata butuh waktu kurang lebih sekitar satu minggu untuk menyelesaikan pembuatan satu buah wayang kulit.

Baca juga :  KIM (Kesenian Irama Minang) sebagai Media Untuk Menjalin Silaturahmi

Biasanya jenis kulit yang dipergunakan untuk membuat wayang kulit adalah jenis kulit kambing, kulit sapi, dan juga kulit kerbau. Akan tetapi wayang kulit yang paling baik kualitasnya ialah yang menggunakan kulit kerbau.


Like it? Share with your friends!

40
202 shares, 40 points
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals